Pages

Rabu, 07 Desember 2016

DV RUN 2016

 Unleash The Hero in You


Nama     : Sumarno Prabowo Sentani Pasidang
Nim        : 1701364833
Jurusan : Teknik Informatika
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

         Unleash the HERO in you adalah tagline yang diusung pada DV RUN kali ini. DV RUN sendiri adalah lari marathon 5 Km yang dilaksanakan pada hari minggu, 3 Desember 2016 di Ancol. Event ini dimulai dari pukul 07.00 pagi sampai pukul 15.00, dan otomatis harus bangun pagi, hufftt :D, tantangan terberat di hari minggu, wkwkwk. 
         
         DV Run dimulai dengan senam pagi, namun saya tidak sempat ikut karena datangnya mepet hehehe :), hanya bisa menyaksikan dari kejauhan sambil bersiap - siap menanti arahan pembawa acara kapan akan dimulai event larinya. Pembawa acara pun memberi aba - aba untuk bersiap di belakang garis start, dan tidak lupa, sebelum lari, wefie dulu bareng teman - teman binusian :D.



          Satu hal yang menarik dalam event kali ini adalah pemberian medali untuk yang berhasil menyelesaikan marathon 5 Km dalam waktu 2 jam. Marathon dimulai +- pukul 07.00 sehingga yang berhak mendapat medali adalah peserta yang berhasil finish sebelum pukul 09.00. Siapa yang tidak pengen dapat medali coba, :D, hahahaha. Karna faktor badan dan jarang olahraga, saya sudah ngos-ngosan ketika mencapai kilometer pertama. Karena sudah ngos-ngosan akhirnya saya memutuskan untuk istirahat namun tetap berusaha mengejar waktu dengan berjalan cepat :D, sambil sesekali berlari sebentar untuk memperpendek jarak saya dengan garis finish. 

        Dari sekian banyak peserta, tidak sedikit juga ternyata yang hanya berjalan dan menikmati pemandangan pagi hari di Ancol, termasuk teman - teman saya yang awalnya start barengan dan sudah tidak bareng lagi saat mulai memasuki kilometer pertama :D (karena melaju sesuai semangat masing - masing). 

        Dan akhirnya saya berhasil mencapai garis finish dalam waktu tempuh 1 jam dengan nafas yang tidak karuan, karena berlari sambil membawa barang - barang pribadi (tidak tau mau dititipin kemana, ya akhirnya dibawa deh wkwkwkw :D ). Dan medali yang dikejar akhirnya berhasil didapatkan.






         



 

         Jika ditanya tentang motivasi saya mengikuti
DV Run kali ini adalah, pertama rasa penasaran, karena dulu pernah mau ikut Color Run tapi tidak pas waktunya (jadi yang dipikirkan awalnya, DV Run akan mirip - mirip dengan Color Run wkwkwk :D ). Kedua, karena membutuhkan jam comserv sebagai syarat kelulusan. Kapan lagi bisa dapat jam comserv dengan cara yang fun dan menyehatkan (bakar lemak dengan lari 1 Km dan sisanya jalan cepat :D, hahahaha). Pelajaran yang dapat diambil dari DV Run 2016 kemarin, secara pribadi saya jadi termotivasi untuk mencoba berolahraga, meskipun tidak terlalu berat, yang penting sempatkan berolahraga karena keseharian di kantor hanya duduk, dan tidak banyak bergerak. 


         Di judul tulisan kali ini, saya meletakkan logo TFI (Teach For Indonesia) di pojok kanan atas. TFI adalah Community Program yang concern terhadap aspek pembelajaran  dengan konsep pembinaan komunitas yang bertujuan agar komunitas tersebut dapat mandiri dan dapat meningkatkan kualitas hidup komunitas tersebut khususnya bagi perkembangan masa depan anak-anak (dikutip dari Official Site TFI). Berhubungan dengan anak - anak, salah satu permasalahan sosial yang dihadapi Indonesia adalah masalah anak jalanan. Menurut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, jumlah anak jalanan per 2016 di Indonesia, meningkat 100% dibanding tahun 2015 (dikutip dari JawaPos.com). Jumlah ini sudah menjadi lampu merah untuk kita masyarakat indonesia. Apa yang terjadi sampai jumlah anak jalanan bisa meningkat sebanyak 100%. 

         Kembali terkait dengan tagline yang diusung event DV Run 2016 yaitu "Unleash the HERO in you", saya yakin tagline ini sengaja dibuat untuk mengajak kita melepaskan jiwa - jiwa kepahlawanan kita dalam menyikapi situasi - situasi sosial yang terjadi di sekita kita. Tagline ini juga mengajak kita untuk lebih peduli dengan kondisi sosial yang cukup memprihatinkan dengan tingkat kemiskinan dan jumlah homeless people yang terus meningkat tiap harinya. Rasa simpati dan peduli saja tidak cukup, kita harus Action. Memang tidak mudah pada awalnya untuk ikut terlibat dalam kegiatan sosial seperti yang sudah sering dan akan terus dilakukan kakak - kakak dari TFI, namun apa salahnya mencoba dan tekun berpartisipasi dalam kegiatan - kegiatan sosial, kan lumayan dapat pahala :D hehehe. Sama seperti marathon 5 Km DV Run kemarin, saat saya melihat rute yang harus ditempuh, sempat dalam hati berkata, "gile, gw sampai gak ya dalam 2 jam". Saya rasa agak sulit dengan kondisi fisik yang jarang olahraga seperti saya untuk menyelesaikannya. Namun dengan mencoba berlari (meskipun ngos-ngosan) hal yang awalnya terasa mustahil, bisa saya capai. Jadi tetap semangat dan setia dalam penugasan kakak - kakak TFI maupun para pembaca yang telah terlibat dalam kegiatas sosial kepedulian anak maupun orang - orang yang kurang mampu, karena upahmu besar di surga :D.

         Jadi, sampai juga saya pada akhir tulisan kali ini (sudah subuh mau bobo dulu wkwkwk :D ). Senang banget bisa ikut DV Run kemarin, bisa lari lagi (demi kurus dan demi medali wkwkwk :D ), dan bisa berjumpa lagi dengan binusian yang lain (nasib mahasiswa online hehehe). Akhir kata, Jaya terus Binus dan semua kegiatannya :D, Sekian. 

#PPTI_1 #Amazone #DV_Run2016 #5K_Finisher



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar